3 Fakta Unik Pulau Weh Sabang, Titik Paling Barat Indonesia

Tak hanya wilayah timur Indonesia saja yang menyimpan berjuta pesona. Wilayah barat juga menjadi permata alam tersembunyi yang jarang diketahui orang bayak. Salah satunya adalah Sabang, kota yang memiliki titik nol kilometer paling barat Indonesia. Nah, berikut ini beberapa fakta unik Pulau Weh Sabang yang jarang Anda ketahui. 

fakta unik pulau weh sabang
pesonaindo.com

1.    Melihat Lumba-Lumba dari Dekat Tak Perlu Spot Khusus 


Jika di beberapa wilayah Anda diharuskan menuju titik tertentu untuk bisa melihat sekawanan lumba-lumba berenang, Anda akan merasakan keistimewaan ini saat menggunakan kapal feri dari dermaga Ulee Lheu menuju kota Sabang. Waktu tempuh hampir dua jam akan terbayar dengan beberapa pasang lumba-lumba yang meloncat dan berenang di sekitar kapal. 

Kawanan lumba-lumba ini seakan menyambut Anda di kota Sabang. Pemandangan menakjubkan ini tentu jarang sekali Anda temui di tempat lain, bukan? Ada dua cara yang bisa Anda jadikan pilihan saat ingin menuju ke pulau Weh, Sabang. Menggunakan kapal feri dengan tiket berkisar Rp25.000-60.000,00 dan menggunakan kapal cepat dengan harga tiket Rp55.000-100.000,00. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati suasana matahari terbenam yang menakjubkan di Sabang Hill sambil menyaksikan kawanan lumba-lumba berenang di sekitar teluk dari tepiannya. Bukit yang terletak di kampong bawah barat tak jauh dari tugu nol kilometer ini menawarkan pemandangan kota Sabang dari ketinggian juga teluk Sabang dari kejauhan. 

2.    Memiliki Spot Diving dan Snorkeling Berkelas Dunia 


Anda mengaku pecinta wisata bahari namun sedari dulu hanya bisa bolak-balik ke Bali atau Lombok? Kota kepulauan paling barat Indonesia ini menawarkan spot diving dan snorkeling berkelas dunia yang tak kalah dari Bunaken atau Nusa Lembongan. Dari pulau Weh, Anda bisa menuju pulau Rubiah dengan menggunakan perahu nelayan untuk bisa sampai ke spot ini. 

Ombak yang tenang dengan air laut yang biru jernih serta terumbu karang yang terjaga menjadi kombinasi apik yang harus Anda nikmati saat berada di kota kepulauan ini. Ada banyak ikan-ikan hias yang bisa Anda temui di pulau Rubiah juga beserta dengan terumu karang warna-warni yang akan membuat Anda betah berlama-lama diving di spot ini. 

Menuju ke spot diving dan snorkeling terbaik ini, dari pantai Iboih pulau Weh, Anda bisa menggunakan boat dengan harga kisaran Rp100.000-350.000 per boatnya dan waktu tempuh sekitar untuk menuju pantai Teupin Layeu dan langsung ke spot diving di pulau Rubiah. Penyewaan peralatan snorkeling di sini cukup murah yaitu sekitar Rp30.000,00. 

3.    Titik Nol Kilometer Paling Barat Indonesia 


Fakta unik pulau Weh Sabang yang satu ini tentu tak lagi asing di telinga Anda. Meski kota Sabang terdiri dari beberapa pulau, pulau Weh merupakan titik paling baratnya. Oleh karena itu terdapat tugu nol kilometer yang ikonik dan menjadi landmark dari kota ini. Rasanya tidak afdol jika berkunjung ke Sabang namun belum mengambil foto di dekat monumen nol kilometer ini. 

Monumen ini memiliki ketinggian sekitar 22,5 meter dengan bentuk lingkar berjeruji berwarna putih. Terdapat juga tulisan tugu nol kilometer yang dapat Anda jadikan spot berfoto yang ciamik. Tak jauh dari bibir pantai, Anda juga bisa menikmati sunset dari tugu ini. 

Itulah beberapa fakta unik pulau Weh Sabang yang bisa kami sajikan. Ada begitu banyak destinasi wisata alam memesona yang bisa Anda eksplor selama berlibur di Aceh. Selain Sabang, Aceh juga memiliki spot kepulauan menakjubkan lainnya yaitu Pulau Banyak yang berlokasi di kabupaten Aceh Singkil.