4 Tips Merawat Gigi dari Plak dan Bau Mulut secara Rutin

Setiap hari Anda akan mengonsumsi makanan sehingga memberikan dampak pada gigi dan rongga mulut. Ketika tidak dilakukan perawatan dengan baik maka akan membuat timbulnya plak dan bau mulut. Bahkan ketika tidak bersih dapat menimbulkan berbagai penyakit di rongga mulut yang mengganggu kesehatan. Berikut ini tips merawat gigi dari plak dan bau mulut.

 
tips merawat gigi
lifestyle.kompas.com

1.    Membersihkan Gigi dan Rongga Mulut


Langkah pertama untuk merawat gigi adalah menggosoknya dengan benar sebanyak minimal dua kali dalam sehari. Cara menggosoknya dengan benar yaitu dimulai dari sisi depan yang disikat dengan satu arah sebanyak minimal 10 kali. 

Setelahnya baru menyikat bagian dalam gigi yang dilakukan dengan mengondisikan bagian sikat secara vertikal dan sikat sebanyak 15 kali. Setiap sisi kiri, kanan, dan tengah. Pastikan menggunakan odol dengan cukup saat menyikat gigi. 

Saat menyikat gigi, pastikan Anda tidak lupa untuk menyikat bagian lidah karena merupakan tempat bersarangnya bakteri. Sikat hingga lidah berwarna merah atau tidak lagi tampak adanya warna putih. Jika perlu Anda juga menyikat langit-langit mulut. 

2.    Menjaga Makanan


Plak dan bau gigi dapat terjadi akibat dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda harus menjaga makanan. Hindari mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat seperti petai, bawang, dan jengkol. Pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan secara rutin untuk membantu produksi air liur di dalam mulut. 

Manfaatnya adalah untuk membantu membersihkan dan menekan pertumbuhan bakteri dari mulut. Ini merupakan tips merawat gigi dari plak dan bau mulut yang sering sekali diabaikan. Tidak ada buah khusus yang perlu dimakan. 

3.    Obat Kumur


Selain menyikat gigi secara rutin, Anda juga perlu menggunakan obat kumur untuk mengusir kuman dan bakteri penyebab plak dan bau mulut. Pemakaian obat kumur yaitu setelah Anda selesai membersihkan gigi dan rongga mulut. Bisa juga menggunakannya begitu selesai makan hingga bisa membersihkan secara cepat sampai ke bagian yang tak terjangkau sikat gigi. 

4.    Konsumsi Teh Hijau


Tahukah Anda ternyata teh hijau dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah plak dan bau mulut karena memiliki kandungan polifenol. Kandungan ini akan membantu menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin pada pagi hari sehingga membuat bau mulut tidak sedap menghilang dengan mudah. 

Terapkan tips merawat gigi dari plak dan bau mulut secara rutin ini agar kondisi bakteri di dalam rongga mulut tidak semakin parah. Pastikan pula hal ini dilakukan oleh anak-anak Anda yang pertumbuhan giginya masih berlangsung. Jika tidak dirawat dari sekarang maka kondisi giginya akan mendapatkan  masalah seperti terjadinya pertumbuhan gigi yang tidak sehat dan normal.