4 Cara Sederhana Membedakan Pelek Palsu agar Tidak Tertipu

Cara sederhana membedakan pelek palsu mesti diketahui oleh setiap orang yang memiliki mobil. Terutama untuk mereka yang berniat untuk melakukan modifikasi terhadap mobil yang dimiliki. Jangan sampai memilih pelek yang palsu karena akan membahayakan keselamatan Anda sendiri. Berikut ini ada 4 cara sederhana untuk terhindar dari produk palsu tersebut. 
 

Cara Sederhana Membedakan Pelek Palsu
otomotifhot

1. Harga Pelek Tersebut


Cara sederhana pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan harga yang ditawarkan penjual atas pelek tersebut. Asal tahu saja, pelek yang palsu biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan niatan supaya pelek yang tergolong palsu tersebut cepat terbeli dan diserap oleh konsumen lebih mudah. 

Lain cerita dengan pelek yang tergolong asli maka bisa dibilang harga yang dibanderol bisa dua hingga tiga kali lipat dari harga pelek palsu. Kondisi tersebut tidak lepas dari material berkualitas dan terjamin yang membuat pelek asil tersebut. Walau tentunya Anda juga tidak bisa memukul rata untuk semua pelek harga murah pasti palsu, soalnya juga dilihat dari kualitas terlebih dulu.

2. Dapat Dilihat dari Penampilannya


Penampilan juga bisa dijadikan tolak ukur Anda yang ingin memastikan pelek yang dipilih adalah pelek yang asli. Soalnya pelek yang tergolong palsu ini memiliki penampilan yang bisa dibilang tidak meyakinkan. Penampilan itu sendiri bisa berupa penampilan yang terlihat berantakan, cat yang tidak rata hingga detail pada pelek yang terlihat tidak menyatu. 

Apabila kombinasi tersebut ternyata ditemukan pada pelek yang akan Anda pilih maka sebaiknya berhati-hati. Bahkan kalau perlu, sebaiknya memilih pelek lain yang lebih baik sebagai penggantinya. Untuk itulah, penting sekali dalam melakukan pembelian pelek dari pihak yang terpercaya. Disarankan untuk membelinya dari bengkel langganan Anda sendiri. 

3. Bobot dari Pelek


Cara sederhana membedakan pelek palsu yang berikutnya adalah dengan memperhatikan bobot dari pelek itu sendiri. Biasanya pelek yang tergolong palsu memiliki bobot yang lebih berat daripada pelek yang asli. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kualitas material pelek palsu yang tidak baik apabila dibandingkan dengan bahan kualitas dari pelek yang asli. 

4. Detail yang Berbeda


Cara yang terakhir adalah dengan memperhatikan detail dari pelek itu sendiri. Biasanya pelek yang palsu akan memiliki detail yang berbeda dengan pelek asli. Untuk bisa mengetahui hal ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa membutuhkan kejelian dan pengalaman. Tidak heran apabila cara ini lebih bisa digunakan pada mereka yang lebih profesional

Dengan mengetahui cara sederhana membedakan pelek palsu maka Anda bisa menghindari terkena penipuan. Soalnya pelek ini merupakan bagian yang penting dari sebuah mobil. Bukan hanya untuk penampilan semata tapi juga untuk menjamin keselamatan Anda selama berkendara.